Ada banyak pengertian tentang organisasi dan kantor, di sini secara ringkas akan di jelaskan sebagai berikut:
- Organisasi adalah satu jenis wadah perlengkapam di masyarakat yang di bentuk oleh orang-orang dengan tujuan dapat memperoleh efisiensi tertentu yang sebesar-besarnya.
- Kantor adalah bagian dari organisasi yang menjadi pusat kegiatan administrasi dan tempat pengendalian kegiatan informasi.
Berarti segala macam urusan di dalam organisasi harus melewati kegiatan kantor dan keluar masuknya informasi menyangkut organisasi juga harus melalui kantor. Organisasi itu sendiri di bentuk oleh orang-orang dengan tujuan tertentu yang dapat di petik hasilnya secara bersama-sama.
B. Unsur-Unsur Organisasi
- Sebagi wadah / tempat untuk bekerjasama
- Proses kerjasama sedikitnya antara dua orang
- Jelas tugas dan kedudukannya masing-masing
- Ada tujuan tertentu
C. Asas-asas Organisasi
Adapun beberapa asas/prinsip organisasi yang perlu di ketahui antara lain sebagi berikut :
- Asas perumusan tujuan
- Asas pembagian kerja
- Asas pendelegasian wewenang
- Asas koordinasi
- Asas efisiensi pengawasan
- Asas pengawasan umum
D. Kantor
1. Pengertian Kantor
1. Pengertian Kantor
Apabila memperhatikan definisi-definisi di atas, pengertian kantor di tinjau dari dua segi, yaitu :
Dari segi fisik : Kantor dilihat dari bentuk luar/gedung yang bersifat statis , yaitu suatu tempat
penyelenggaraan kegiatan-kegiatan manajemen. Misalanya, pemeliharaan warkat (records
keeping) dan pengurus informasi (information handling)
penyelenggaraan kegiatan-kegiatan manajemen. Misalanya, pemeliharaan warkat (records
keeping) dan pengurus informasi (information handling)
Dari segi aktivitas : Kantor di lihar dari segi kegiatannya yang bersifat dinamis, yakni adanya
pembagian pekerjaan di antara mereka yang bekerja sama untuk mencapai tujuan.
2. Ciri-ciri Kantor
► Alat penyambung pancaindera dan ingatan pimpinan
► Membantu pimpinan merumuskan pekerjaan, penyederhanaan sistem manajemen, metode kerja,
mencapai efisiensi dalam pekerjaan kata usaha.
E. Unsur Kantor
- Gedung terdiri dari bangunan, ruangan dan perlengkapan gedung
- Equipment, terdiri dari mesin-mesin kantor dan perabot-perabot kantor
- Personil, yaitu semua orang yang terkait dalam organisasi kantor, mulai dari perusahaan sampai pimpinan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar